Visi, Misi, Tujuan & Strategi

Visi

Terwujudnya program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dan mandiri dalam menghasilkan calon pendidik yang mampu mensinergikan pendidikan, kemasyarakatan dan teknologi pada tahun 2026

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan dasar yang berkualitas, berakhlak mulia, dan berwawasan inklusif.

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan melalui proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif.

  • Berperan serta dalam dalam pengabdian pada masyarakat untuk mengembangkan Manhaj Ahli Sunnah Wal Jamaah.

Tujuan

Tujuan Umum

  • Membentuk calon pendidik yang ahli dalam ilmu pendidikan dasar dan tenaga kependidikan yang profesional.

Tujuan Khusus

  • Menghasilkan calon pendidik MI/SD yang kompeten dan mampu memadukan ilmu pendidikan dasar, nilai- nilai Al-Quran, kearifan lokal dan akhlak mulia.

  • Menghasilkan konselor anak MI/SD yang kompeten dalam memadukan ilmu pendidikan dasar dan keislaman.

  • Menghasilkan peneliti pada bidang pendidikan MI/SD berbasis pendidikan dasar yang bermutu, inovatif, dan kreatif

Strategi

Pendidikan

  • Mengevaluasi kemudian melakukan pengembangan model kurikulum Prodi PGMI yang dinamis dan adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan pendidikan dasar.

  • Meningkatkan proses perkuliahan yang berdaya saing (process).

  • Mempersiapkan lulusan Prodi PGMI yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pendidikan dasar.

  • Memperluas koneksi dan menjalin kerjasama antar Universitas maupun Sekolah Tinggi yang memiliki Prodi PGMI sebagai wadah untuk mahasiswa dan dosen dalam memperluas khazanah keilmuan.

  • Menjalin kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar sebagai ajang untuk berbagai pengalaman keilmuan.

  • Penyelenggaran kerjasama dan program Internasional bagi Program Studi

  • Mendukung dan mengembangkan organisasi kemahasiswaan sebagai salah satu wadah pembangunan karakter mahasiswa Prodi

  • Pengembangan metode pembelajaran yang efektif efisien dan

  • Penyelenggaraan workshop, pelatihan dan training bagi mahasiswa Prodi PGMI untuk membekali dan mengembangkan potensi.

  • Mendukung dan mengapresiasi potensi yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi PGMI baik dalam bidang ilmu pengetahuan, Teknologi dan Informasi, keagamaan, bahasa, budaya maupun

  • Menyelenggarakan pendidikan yang menerima mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara fisik (menyelenggarakan pendidikan secara inklusif)

Penelitian

  • Meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah dengan didukung dengan workshop- workshop mengenai jurnal terkreditasi Nasional maupun

  • Pengembangan jaringan dan kerjasama terhadap lembaga yang menyediakan dana

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitian yang relevan dengan Program Studi

  • Pemberian reward bagi dosen PGMI yang memiliki karya ilmiah dan hasil penelitian guna untuk meningkatkan publikasi keilmuan Prodi PGMI.

  • Pengembangan sistem pengelolaan penelitian dan pemanfaatan hasil

Pengabdian Masyarakat

  • Meningkatkan peran Dosen dan mahasiswa Prodi PGMI dalam kegiatan pendampingan maupun pemberdayaan di lingkungan masyarakat.

  • Meningkatkan pola pengabdian masyarakat yang berorientasi pada bidang pendidikan

  • Mengadakan pelatihan dan merencanakan program pengabdian masyarakat sehingga dengan adanya pelatihan, pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa lebih bermanfaat dan

  • Mempublikasikan hasil dari program kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa Prodi PGMI, sehingga hasil dari pengabdian    masyarakat   bisa    bermanfaat   bagi    yang   melaksanakan    dan membacanya.

  • Merintis layanan pendidikan dasar di sekolah-sekolah maupun diluar

Kelembagaan

  • Melakukan restrukturisasi organisasi dan penataan sistem menejemen sehingga tersususn dengan baik standar mutu menejemen dan akademik.

  • sesuai dengan AD/ART, sehingga terwujud sistemorganisasi sesuai dengan kebutuhan program studi PGMI Mengembangkan akuntabilitas sistem kerja dan penjaminan mutu.

  • Pengelolaan sumber daya keuangan yang mendukung penjaminan standar pelayanan minimum dan peningkatan kinerja

  • Pengembangan pendayagunaan, pengembangan dan pemeliharaan sarana- prasarana dengan baik sehingga tercapai manajemen sumberdaya fisik yang memadai dan ramah

  • Meningkatnya pelayanan dan pendampingan terhadap mahasisswa prodi

Sumber Daya Manusia

  • Perencanaan rekrutmen, seleksi dan penempatan SDM secara proporsional sesuai kualifikasi dan kapasitas yang memadai

  • Pengembangan kualitas sumber daya manusia yang sistematis dan efisien

  • Menyelenggarakan manajemen SDM yang optimal dan efektif

  • Input mahasiswa yang berkualitas